Cinta itu ada jenis nya juga loh guys, Yuk Dibaca!

Di dalam dunia psikologi disebutkan bahwa ada 8 jenis cinta pada diri manusia. Sesuai dengan arti cinta yang disebutkan di atas, adapun jenis-jenis cinta adalah sebagai berikut:

1. Cinta Agape

Cinta Agape adalah perasaan cinta terhadap Tuhan, alam, serta semua hal yang sifatnya spiritual dan altruistik. Menurut para ahli, mereka yang sering merasakan cinta Agape adalah orang-orang yang sangat perduli pada hal-hal spiritual.

2. Cinta Mania

Cinta Mania adalah perasaan cinta di dalam diri manusia yang berlebihan terhadap orang lain sehingga membuatnya menjadi posesif. Mereka yang merasakan cinta Mania ini pada umumnya akan merasa tidak berharga bila cintanya tidak terbalas atau ditinggalkan orang yang dicintainya.

3. Cinta Pragma

Cinta Pragma adalah cinta yang penuh kebijaksanaan dan kedewasaan dimana orientasinya adalah cinta yang serius ke arah pernikahan. Namun, cinta Pragma dianggap bukan cinta yang paling tulus dan membutuhkan proses, misalnya cinta yang timbul karena perjodohan.

4. Cinta Philautia

Cinta Philautia adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri dan mengarah pada narsisme. Pada titik tertentu, cinta Philautia dapat membuat seseorang menjadi psikopat karena hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa perduli pada orang lain.

5. Cinta Storge

Cinta Storge adalah perasaan cinta terhadap keluarga dan kerabat terdekat. Jenis cinta ini termasuk cinta yang tulus karena tanpa syarat. Misalnya cinta seorang ibu kepada anaknya, cinta kepada orang tua, saudara, dan sanak keluarga.

6. Cinta Eros

Cinta Eros adalah perasaan cinta yang berdasarkan pada hawa nafsu manusia. Ciri-ciri cinta eros adalah adanya ketertarikan secara fisik dan perasaan ingin memiliki orang yang dicintai.

7. Cinta Philia

Cinta Philia adalah perasaan cinta yang timbul dalam hubungan persahabatan antar manusia. Jenis cinta ini terjadi bukan karena hawa nafsu namun karena adanya rasa percaya dan rasa persahabatan dengan orang tertentu.

8. Cinta Ludus

Cinta ludus adalah perasaan cinta seseorang terhadap orang lain tapi sifatnya hanya main-main tanpa ada komitmen. Ciri khusus orang yang merasakan cinta Ludus adalah sifat kekanak-kanakan dan suka memberikan rayuan gombal kepada orang yang dicintainya.

Itulah penjelasan ringkas mengenai jenis-jenis cinta secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *